A.
Pengertian
Program Tahunan (Prota)
Program tahunan adalah rencana penetapan
alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah
ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar
yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi
waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum
yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.Program
tahunan selanjutnya dijabarkan secara rinci pada program semester. Program
tahunan dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran
dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya.
Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas,
rang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan (Mulyana, 2004 :
95).
contoh prota adalah sebagai berikut:
PROGRAM TAHUNAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PAMOTAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : II ( 1
& 2 )
Tahun Pelajaran : 2010 / 2011
No
|
Nomor
SK
/ KD
|
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|
|
SEMESTER
1
|
|
|
|
|
Makhluk hidup dan proses
kehidupan
|
|
|
|
1
|
Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan dan
|
|
|
|
|
tumbuhan,
pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta
|
|
|
|
|
berbagai
tempat hidup makhluk hidup
|
|
|
|
1.1
|
Mengenal bagian-bagian utama
hewan dan tumbuhan di
|
6 JP
|
|
|
|
sekitar rumah dan sekolah
melalui pengamatan
|
|
|
|
1.2
|
Mengidentifikasi perubahan
yang terjadi pada
|
6 JP
|
|
|
|
pertumbuhan hewan ( dalam
ukuran ) dan tumbuhan
|
|
|
|
|
( dari biji menjadi tanaman )
|
|
|
|
1.3
|
Mengidentifikasi berbagai
tempat hidup makhluk hidup
|
6 JP
|
|
|
|
( air, tanah, dan tempat
lainnya )
|
|
|
|
1.4
|
Mengidentifikasi makhluk
hidup yang menguntungkan
|
6 JP
|
|
|
|
dan membahayakan
|
|
|
|
|
Benda dan sifatnya
|
|
|
|
2
|
Mengenal
berbagai bentuk benda dan kegunaannya
|
|
|
|
|
serta
perubahan wujud yang dapat dialaminya
|
|
|
|
2.1
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri benda padat dan cair yang ada
|
6 JP
|
|
|
|
di
lingkungan sekitar
|
|
|
|
2.2
|
Menunjukkan
perubahan bentuk dan wujud benda
|
6 JP
|
|
|
|
(
plastisin / tanah liat / adonan tepung ) akibat dari
|
|
|
|
|
kondisi
tertentu
|
|
|
|
2.3
|
Mengidentifikasi
benda-benda yang dikenal dan
|
4 JP
|
|
|
|
kegunaannya
melalui pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SEMESTER 2
|
|
|
|
|
Energi dan Perubahannya
|
|
|
|
3
|
Mengenal
berbagai sumber energi yang sering
|
|
|
|
|
dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari dan
|
|
|
|
|
Kegunaannya
|
|
|
|
3.1
|
Mengidentifikasi
sumber-sumber energi ( panas, listrik,
|
10 JP
|
|
|
|
cahaya dan bunyi ) yang ada
di lingkungan sekita
|
|
|
|
3.2
|
Mengidentifikasi jenis energi
yang paling sering
|
10 JP
|
|
|
|
digunakan di lingkungan
sekitar dan cara menghematnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bumi dan alam semesta
|
|
|
|
4
|
Memahami peristiwa alam dan
pengaruh matahari
|
|
|
|
|
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
4.1
|
Mengidentifikasi kenampakan
matahari pada pagi, siang
|
8 JP
|
|
|
|
dan sore hari
|
|
|
|
4.2
|
Mendiskripsikan kegunaan
panas dan cahaya matahari
|
8 JP
|
|
|
|
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
Mengetahui
Kepala SD Negeri 2 Pamotan
Z A W A W I , S.Pd.
NIP : 19540403 197802 1 006
|
Pamotan, 12 Juli 2010
Guru Kelas II
C H A N I F A H
NIP : 19541219 197512 2 005
|
0 komentar:
Posting Komentar