Rabu, 01 Mei 2013

Program Tahunan (ProTa)

A.     Pengertian Program Tahunan (Prota)

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.Program tahunan selanjutnya dijabarkan secara rinci pada program semester. Program tahunan dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya. Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, rang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan (Mulyana, 2004 : 95).
contoh prota adalah sebagai berikut:
PROGRAM TAHUNAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PAMOTAN

Mata Pelajaran                                 :  IPA
Kelas /  Semester                            :  II  ( 1 & 2 )
Tahun Pelajaran                               :  2010 / 2011

No
Nomor
SK  /  KD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar 
Alokasi
Waktu

Keterangan


SEMESTER 1




Makhluk hidup dan proses kehidupan



1
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan




tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta




berbagai tempat hidup makhluk hidup



1.1
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di
6 JP



sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan



1.2
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada
6 JP



pertumbuhan hewan ( dalam ukuran ) dan tumbuhan




( dari biji menjadi tanaman )



1.3
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup
6 JP



( air, tanah, dan tempat lainnya )



1.4
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan
6 JP



dan membahayakan




Benda dan sifatnya



2
Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya




serta perubahan wujud yang dapat dialaminya



2.1
Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada
6 JP



di lingkungan sekitar



2.2
Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda
6 JP



( plastisin / tanah liat / adonan tepung ) akibat dari




kondisi tertentu



2.3
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
4 JP



kegunaannya melalui pengamatan









SEMESTER 2




Energi dan Perubahannya



3
Mengenal berbagai sumber energi yang sering




dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan




Kegunaannya



3.1
Mengidentifikasi sumber-sumber energi ( panas, listrik,
10 JP



cahaya dan bunyi ) yang ada di lingkungan sekita



3.2
Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering
10 JP



digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya









Bumi dan alam semesta



4
Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari




dalam kehidupan sehari-hari



4.1
Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang
8 JP



dan sore hari



4.2
Mendiskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari
8 JP



dalam kehidupan sehari-hari



Mengetahui
Kepala SD Negeri 2 Pamotan
                           


Z A W A W I , S.Pd.
NIP : 19540403 197802 1 006
Pamotan, 12 Juli 2010
Guru Kelas II



C H A N I F A H
               NIP : 19541219 197512 2 005

0 komentar:

Posting Komentar