Jumat, 19 April 2013

RPP penggabungan SK KD

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah                                   : SDN 0I Soditan
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia dan IPA
Kelas / Semester                     : VI / I
Alokasi Waktu                        : 6 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi

IPA :
1.  Memahami hubungan antara ciri-ciri mahluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.

Bahasa Indonesia :
1.  (Mendengarkan) memahami teks dan cerita anak yang dibacakan.
2.    (Berbicara) memberikan informasi dan tanggapan secara lisan.
3.    (Membaca) memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas.
4.    (Menulis) mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan paraphrase.

B.     Kompetensi Dasar

IPA :
1.1 mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya.
1.2 Mendeskripsikan hubungan antara cirri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya.

Bahasa Indonesia :
1.1  menulis hal-hal pokok/ penting dari suatu teks yang dibacakan.
2.1  menyampaikan pesan/ informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut, baik, dan benar.
3.1 mendiskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/ kunjungan.
4.1 membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar.

1.2  mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema, atau amanat dari cerita anak yang dibacakan.
2.2 menanggapi (mengkritik/ memuji) suatu hal yang disertai alas an dengan menggunakan bahasa yang santun. 
3.2 menanggapi informasi dari kolom/ rubrik khusus (majalah anak, Koran, dll) 
4.2 membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar.

C.    Indikator

1.1.1        mencari contoh Hewan yang memiliki cirri khusus untuk memenuhi kebutuhanya.
1.1.2        Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai dengan kerangka.

D.    Tujuan

1.      Melalui kunjungan ke museum siswa mampu menyebutkan 10 contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan benar.
2.      Melalui penjelasan guru siswa dapat menyusun laporan hasil kunjunganya ke Museum dengan Benar.

E.    
Materi Ajar


Adaptasi hewan merupakan cara hewan untuk menyesuaikan diri dengan lingkunganya. Adaptasi hewan terbagi menjadi 3, yaitu adaptasi morfologi, Fisiologi, dan Tingkah laku. Adaptasi hewan morfologi misalnya menyesuaikn diri dengan bentuk tubuh berdasarkan lingkunganya, sedangkan fisiologi melaui bentuk tubuh, adaptasi Tingkah laku merupakan cara mempertahankan diri dengan cara mengubah tingkah laku menurut lingkungan hidupnya. Contoh adaptasi adalah bentuk paruh burung yang berbeda-beda berdasarkan jenis makananya. Sedangkan bentuk kaki binatang khususnya unggas juga berbeda, hal ini dikarenakan fungsinya yang berbeda pula, misalnya pada bebek kakinya terdapat selaput, yang fungsinya untu, berenang, sedangkan kaki pada burung elang tajam dan kuat untuk mencengkeram mangsanya.
Sedangkan adaptasi tingkah laku misalnya saja pada kelelawar, yang mana tidur di siang hari dan mulai beraktifitas pada malam hari. Begitu pula dengan burung hantj yang beraktifitas di malam hari karena pengaruh penglihatanya, karena burung hantu memiliki del tabung di matanya lebih sedikit dari pada sel kerucutnya, hal in bertolak belakang dengan jumlah sel kerucut dan tabung apada manusia.
Setelah mengetahui berbagai macam hewan yang memiliki berbagai macam adaptasi kita dapat menyusun laporan kegiatan pengamatan. Adapun komponen yang diperhatikan dalam menyusun laporan kegiatan adalah sebagai berikut; pengamat, obyek yang diamati, waktu pengamatan, hipotesis pengamatan, kesimpulan pengamatan, tabel pengamatan, serta factor-faktor yang diamati.

F.     Model dan Metode Pembelajaran.

Model pembelajaran    : PAIKEM
Metode Pembelajaran : Karya Wisata, Ceramah, Diskusi

G.    Langkah Pembelajaran

·         Kegiatan awal :
  • Guru masuk kelas dan memimpin doa 
  • Guru mengiring siswa menuju ke tempat karya wisata.
  • Setelah sampai di lokasi, guru melakukan presensi siswa.
  • Guru menyampaikan tujuan adanya pembelajaran Outdoor.
·         Kegiatan Inti :
          Eksplorasi :
  • Guru melakukan apresepsi tentang pelajaran yang akan disampakan pada pelajaran kali ini.
  • Guru mengonfirmasi kelompok yang akan melakukan pengamatan.
  • Guru memberikan pengarahan kepada kelompok tentang apa saja yang harus dilakukan saat pelajaran Outdoor.
  • Guru mempersilahkan siswa untuk melakukan pengamatan.
          Elaborasi :
  • Guru membimbing siswa dalam melakukan pengamatan agar siswa mampu melakukan pengamatan dengan baik.
  • Guru berkeliling ke setiap kelompok yang berdiskusi agar seluruh siswa dapat memahami apa yang dialakukanya.
  • Guru menanyakan setiap kelompok apakah ad kesulitan atau ada yang belum memahami apa yang sedang dilakukanya.
  • Setiap siswa diperbolehkan untuk mengemukakan pendapatnya, agar dapat mengemukakan pendapatnya tanpa malu.
  • Guru membebaskan siswa untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan, namun tetap pada batas aman siswa, tanpa merusak obyek yang sedang mereka amati.
          Konfirmasi :
  • Guru mengahiri pengamatan obyek saat waktu sudah habis.
  • Guru menanyakan tentang apa saja yang mereka amati di museum.
  • Guru menanyakan hal-hal yang dianggap susah oleh siswa, dan mendiskusikanya bersama agar mendapatkan solusi yang tepat.
·         Kegiatan Akhir :
  • Guru membimbing siswa agar masuk ke dalam kendaraan yang akan membawa mereka pulang.
  • Di dalam kendaraan, guru bersama siswa menyimpulkan pengamatan.
  • Guru memberikan motivasi kepada siswa baik secara verba maupun non verba.
  • Guru mengajak siswa untuk bersenang-senang dengan bernyanyi bersama di dalam kendaraan.
  • Setelah sampai di sekolah, guru menyampaikan pesan-pesan kepada siswa agar tetap belajar dan berhati-hati.
  • Guru memimpin doa, sebagai berakhirnya kegiatan pada hari itu.
H.   Alat/ Bahan/ Media/ Sumber Belajar

Dalam pertemuan kali ini dan pembelajaran kali ini guru membutuhkan kendaraan pengangkut, kamera, tabel laporan, alat tulis. Sumber belajar yang digunakan adalah buku yang relevan, penjelasan guru, dan tour guide yang menjaga obyek pengamatan tersebut.

I.   Penilaian

Sikap siswa saat melakukan pengamatan        :
                        Baik                 : A
                        Cukup Baik     : A-
                        Kurang Baik    ; B
Keaktifan siswa saat melakukan pengamatan             :
                        Aktif               ; A
                        Cukup Aktif    : A-
                        Kurang Aktif  : B
Hasil laporan sementara siswa (produk)                                 :
                        Baik                 : A
                        Cukup Baik     : B
                        Kurang Baik    : C


No
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Sikap
Keaktifan
Produk
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
.
.
.
dst





Nilai Akhir      : 1/3 sikap+ 1/3 keaktifan+ 1/3produk
> 85   = A
84-75 = B
<74    = C


Mengetahui,
 Kepala SDN 0I Soditan



Sholikin, M.Pd
NIP.
Guru kelas VI,




Indra Riaunita
NPM, 11120177

1 komentar:

Unknown mengatakan...

1xbet - Best Bet in 1xBet - Download or Install for Android
1xbet is ventureberg.com/ the best betting app in the world created for 사설 토토 사이트 esports. It 1xbet app is a one poormansguidetocasinogambling of the safest and https://febcasino.com/review/merit-casino/ most trusted names among players. It offers a user friendly interface

Posting Komentar